Cara Untuk Menurunkan Bounce Rates

By Unknown →

Jika kamu menggunakan google analytics ataupun tools lainnya, kamu akan sadar akan besarnya bounce rate yang ada di website ataupun di blog kamu. Angka ini menunjukkan banyaknya pengunjung yang datang di suatu halaman (Landing Page) tanpa mengunjungi halaman lainnya.

Ini merupakan suatu angka buruk, jika kamu ingin pengunjung di blog kamu ingin menghabiskan waktu di blog kamu. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa hal yang bisa menurunkan bounce rate pada blog kamu.

#Memahami Bounce Rates


Setiap blogger pastinya ingin untuk tetap menjaga agar bounce rates ini tetap serendah mungkin, kamu juga harus menyadari bahwa ini merupakan salah satu faktor dan tidak berarti menggambarkan bahwa blog kamu tidak populer atau hanya kurang dalam beberapa bidang yang penting.

Kamu harus sadar bahwa pengunjung blog kamu akan datang hanya untuk mengunjungi / membaca artiket tertentu. Meskipun kamu lebih mengharapkan pengunjung blog kamu akan memeriksa seluruh isi dari blog kamu.

Kamu harus memastikan bahwa kamu telah menempatkan kode navigaasi yang tepat, atau pengunjung blog kamu langsung akan berpindah ke situs atau blog yang lainnya. Nah, hal inilah yang biasanya disebut dengan bounce.

Mari kita temukan cara yang terbaik untuk mengurangi tingkat bounce di blog kamu.

1. Postingan Harus Relevan Dengan Topik

Relevansi ini berarti setiap hal yang sedang kamu tulis harus tetap relevan dengan topik yang kamu pilih. Ketika pengunjung mencari hal yang mereka inginkan dan mereka datang di landing page, kemudian tidak menemukan topik yang sama dengan yang mereka inginkan, pasti mereka akan pergi begitu saja ke situs lainnya.

Selain itu, jika kamu menampilkan gambar, video, ataupun iklan, maka kamu juga harus mengupayakan agar yang kamu tampilkan masih tetap relevan dengan topik blog kamu. Hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung blog kamu betah untuk menjelajahi setiap isi dari blog kamu.

Jangan sampai memberikan sebuah clue yang salah kepada pengunjung blog kamu. Karena mereka pasti akan kecewa karena tidak mendapatkan apa yang mereka cari di blog kamu.

2. Jangan Taruh Terlalu Banyak Iklan Di Blog Kamu.

Jika situs kamu dipenuhi dengan iklan, maka itu merupakan kesalahan besar yang kamu lakukan. Mereka akan merasa bahwa blog kamu terlalu dikomersialkan atau mungkin mereka merasa bahwa blog anda penuh dengan spam. Alhasil mereka akan segera pergi dan meninggalkan blog kamu. Jika kamu menggunakan adsense, maka kamu harus menempatkan kode adsense pada tempat yang tepat. Sekiranya tidak menggangu pengunjung blog kamu yang sedang membaca artikel di blog kamu.

Hal yang perlu kamu ingat bahwa menempatkan iklan yang besar tidak akan menghasilkan penghasilan yang besar pula bagi blog kamu. Namun akan menambah potensi bounce rates pada blog kamu. 

3. Usahakan Blog Kamu Bersih dan Mudah Untuk Di Baca

Jika banyak hal yang mengganggu di blog kamu, maka ini merupakan sebuah potensi yang besar untuk lebih banyaknya tingkat bounce yang ada di blog kamu. Kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini :
  • Warna background dan pemilihan huruf yang susah dibaca, atau mungkin kurangnya contrast warna.
  • Terlalu banyak Grafik, Widget, Pop Up, atau banner akan membuat pengunjung merasa terganggu.
  • Navigasi menu yang kurang tertata, Jadi pengunjung blog kamu akan susah untuk melihat isi-isi dari blog kamu.

4. Pastikan Blog Kamu Bisa Dimuat Dengan Cepat

Ini merupakan hal pertama yang sangat krusial bagi para blogger. Menyadari bahwa loading yang lama membuat pengunjung blog akan merasa tidak nyaman dan akan meninggalkan blog kamu sebelum mereka membaca satupun postingan yang ada di blog kamu.

Kamu harus menjaga agar blog kamu bisa dimuat dengan cepat. Pikir ulang lagi jika kamu ingin menampilkan sebuah konten ataupun widget jika itu hanya akan membuat blog kamu semakin berat. Jangan sampai pengunjung blog kamu meninggalkan blog kamu sebelum membaca satupun konten dari blog kamu.

5. Usahakan Pesan Yang Disampaikan Di Blog Kamu Jelas.

Ini merupakan hal yang sederhana, namun biasanya juga hal yang kurang dipahami oleh sebagian blogger. Untuk setiap tulisan yang kamu terbitkan di blog kamu, harus mempunyai pesan yang bisa dengan mudah untuk dimengerti oleh pengunjung blog kamu.

Misalkan saja jika kamu ingin menulis mengenai cara membuat blog di blogger, kamu harus memberikan judul posting yang menarik dan jangan sampai konten dari tulisan tersebut berbelit-belit dan susah untuk dipahami oleh pengunjung blog kamu. Usahakan agar selalu menggunakan kata-kata yang mudah dipahami untuk orang awam. Karena tidak semua pengunjung blog kamu paham mengenai hal-hal teknis tertentu.

Sumber Gambar : The Pesennger Sit
Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

3 comments to ''Cara Untuk Menurunkan Bounce Rates"

ADD COMMENT