Tags:

Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Tool Untuk SEO

By Unknown →
Jika kamu membaca judul di atas, pasti kamu juga akan bingung juga. Karena biasanya orang-orang mengetahui Google Adwords merupakan situs untuk beriklan di Google. Namun jangan salah, google pun tidak mau enak sendiri kok. Google juga menyediakan alat yang bisa kita gunakan untuk mencari keyword atau kata kunci untuk blog yang kita miliki.

mencari kata kunci Untuk SEO

Mencari sebuah kata kunci merupakan hal yang harus kamu lakukan sebelum membuat blog. Selain itu, kita juga sebenarnya bisa melakukannya sebelum memilih nama domain untuk blog kita. Namun saya sendiri dulu tidak melakukan hal ini. Ini memang kesalahan saya dan saya tidak ingin kamu juga melakukan kesalahan yang sama dengan saya.

Baca juga : Tips Untuk Mencari Kata Kunci

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan google keyword tool untuk melakukan optimisasi judul postingan di blog yang kamu miliki.

Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Tool Untuk SEO

Nah, karena saya rasa ini sangat penting dan vital maka saya ingin berbagi cara untuk menggunakan google adsword keyword tool agar blog kamu lebih SEO friendly dan bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Untuk langkah yang pertama, kamu hanya perlu untuk membuka situs dari adwords. Silahkan buka di sini !


Ups,, jangan lupa untuk log in dulu ya... Lihat pojok kanan atas pada gambar di atas. Kalau belum punya akunnya saya sarankan untuk segera membuatnya!

Jika sudah muncul tampilan seperti gambar di atas, maka sekarang adalah waktunya untuk melakukan sedikit modifikasi. Tentunya ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam keyword research anda. Tentu saya yakin jika memang anda menggunakan alat ini anda ingin mendapatkan sebuah kata kunci yang akan anda terapkan di blog anda.

Yang pertama harus anda atur adalah lokasi, pilih lokasi Indonesia jika pengunjung yang anda target adalah orang Indonesia. Setelah itu kita berlanjut ke bahasa, jika memang blog anda berbahasa Indonesia pilih Bahasa Indonesia juga.

Jangan lupa untuk memastikan frasa yang kita pilih adalah yang melebar. Apa tujuannya? Agar nanti muncul juga frasa-frasa yang terkait dengan kata kunci yang ingin kita test. Lihat gambar di bawah ini :


Cara Mendapatkan Kata Kunci Yang Bagus

Jika pengaturan di atas sudah selesai di buat, maka sekarang kita akan mulai test kata kunci, misalkan yang akan kita gunakan untuk menentukan nama domain untuk blog baru kita. Lets check picture below !


Seperti uji coba yang akan saya lakukan (lihat gambar di atas) adalah mencoba mengukur berapa orang yang mencari kata kunci tersebut dalam waktu satu bulan. Karena kebutuhan saya adalah untuk membuat situs mengenai SEO.

Sekarang kita lihat hasil dari penelitian kita :


Dari gambar di atas, kita bisa melihat bahwa dengan kata kunci "Teknik SEO" orang yang mencari kata kunci tersebut pada mesin pencari Google adalah 1600 orang untuk penelusuran lokal (Indonesia). Sedangkan Untuk Penelusuran global, ada 1900 orang. Hal ini tidak terlalu buruk asalkan lebih dari 1000 orang yang melakukan penelusuran per bulannya.

Kemudian, untuk BPK adalah biaya perkiraan ketika anda menggunakan fitur Google Adsense. Biaya per klik iklan anda akan senilai Rp 5000,- ($0.5) . Namun untuk BPK ini saya rasa tidak begitu akurat karena biasanya juga tidak pernah sampai segitu (Pengalaman).

Dalam kata kunci yang terkait dengan "Teknik SEO" kita bisa melihat yang berada di kotak di bawahnya ada kata kunci yang mempunyai prospek yang lebih baik yaitu "Belajar SEO". Dengan pencarian per bulan adalah 3600 orang per bulannya.

Tips : Jika ingin mendapatkan hasil SEO yang baik, maka gunakanlah kata kunci tersebut sebagai nama domain blog anda. Misalkan saya beri contoh ketika anda menggunakan domain gratisan. Saya ambil kata kunci teknik SEO kemudian saya memilih  nama domain teknik-seoku.blogspot.com dan anda sudah bisa mengunjunginya sekarang karena blog tersebut saya gunakan untuk uji coba saja.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

3 comments to ''Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Tool Untuk SEO"

ADD COMMENT
  1. wah bagus tipsnya bagi yang ingin memulai karir sebagai blogger haha nice info :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan
    sangat membantu
    bagi saya blogger pemula hehehe ....

    ReplyDelete
  3. ini dia panduan yang saya cari-cari gan..
    makasi gan..langsung ane praktekin..cmiwww

    ReplyDelete