Tags:

Pengertian Domain

By Unknown →
Apa itu domain? Mungkin kita yang berkecimpung di dunia internet sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain. Namun bagi sebagian orang mungkin masih tabu mengenai pengertian domain sendiri. Maka dari itu, disini saya ingin membahas sebuah topik yaitu pengertian domain. Harapan saya anda bisa memahaminya dengan baik.


Jika kita merujuk pada wikipedia, domain dapat diartikan sebagai nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Tapi jika anda bertanya kepada saya mengenai apa itu domain, saya akan menjawab "Domain adalah suatu tempat (alamat) di dunia maya / internet yang kita sewa dan kita jadikan sebagai tempat parkir untuk situs kita". Jadi jika kita mempunyai sebuah situs atau mungkin juga blog, pasti kita juga mempunyai domain entah itu Top Level Domain (..com, .net, .org, dsb) ataupun yang masih sub domain (.blogspot.com, atau .wordpress.com dan sebagainya)

Baca juga : Cara Merubah Domain Blogspot Menjadi [dot]com

Apakah Ada Peraturan Khusus Mengenai Nama Domain? 


Aturan dalam pemilihan nama domain bisa berbeda-beda tergantung dari pengelola domain itu sendiri. Namun secara umum aturan yang berlaku terkait nama domain adalah sebagai berikut :

  • Nama domain hanya boleh menggunaka huruf, angka, dan tanda minus.
  • Penggunaan spasi dan simbol seperti garis bawah tidak diperbolehkan
  • Domain tidak boleh diawali dan di akhiri dengan tanda minus
  • Nama domain pada umumnya selalu huruf kecil semua.
  • Maksimum jumlah karakter adalah 63 dan tidak termasuk ekstensi TLD ([dot]com, [dot]net, [dot]org dan lain sebagainya.

Apa Bedanya Domain Dengan Hosting?


Mungki juga anda perlu tahu untuk perbedaan domain dan hosting. Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa nama domain adalah alamat parkir situs kita. Sedangkan hosting merupakan tempat dimana kita meyimpan file dari situs-situs kita.

Jika anda sulit untuk memahaminya, coba ibaratkan saja dengan rumah anda. Saya yakin anda pasti punya rumah entah itu masih ikut orang tua ataupun masih kontrak. Domain itu bisa di artikan sebagai alamat rumah kita, dimana orang bisa menemukan rumah kita. Sedangkan hosting merupakan bangunan rumah kita, tempat kita menyimpan segala perabotan rumah kita.

Bagaimana sobat? Apakah sekarang kamu bisa memahami pengertian domain? Jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

3 comments to ''Pengertian Domain"

ADD COMMENT