Tags:

Belajar Mengerti Perbedaan Dari Bermain Gitar

By Unknown →

Bagaimana anda menilai sebuah perbedaan? Sunggu jika kita berbicara mengenai perbedaan akan terasa sekali apalagi kita sebagai orang Indonesia yang mempunyai berbagai macam suku, budaya, dan juga agama. Namun perbedaan ini kadang juga akan membawa perpecahan di antara bangsa indonesia sendiri.

Coba kita lihat dari berbagai kasus besar yang terjadi karena adanya perbedaan, contoh nyata adalah kasus perang sampit yang merupakan konflik antar suku antara suku Madura dan juga suku Dayak. Sedang kita juga tentunya tidak akan lupa kasus ambon yang merupakan perselisihan antar umat beragama.

Tentunya hal toleransi sangat ditekankan di negeri ini karena pada dasarnya memang sangat banyak perbedaan di antara kita, mulai dari bahasa yang kita gunakan pun terkadang berbeda.

Untuk mencapai sebuah impian yang luhur yang juga ada di dalam lambang negara kita yaitu Pancasila, kita pasti tidak akan pernah lupa dengan yang namanya "Bhineka Tunggal Ika". Sebuah semboyan yang kurang lebih artinya adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Salah satu hal yang bisa kita pelajari dari sebuah perbedaan adalah ketika kita bermain gitar. Entah kita pernah memperhatikan ketika memainkan gitar atau tidak. Itu bisa jadi sebuah wahana belajar untuk lebih menghayati lagi sebuah perbedaan.

Jika kita perhatikan 6 senar yang ada di dalam sebuah gitar, masing-masing mempunyai nada yang berbeda. Mulai dari senar nomor 6 yang bernada E, kemudian senar nomor 5 yang bernada D dan seterusnya. Kemudian dengan Grip yang berbeda kita juga akan mendapatkan suara yang berbeda pula.

Bermain gitar membutuhkan sebuah insting yang baik agar bisa memainkannya dengan baik pula. Kemampuan merasakan kombinasi suara akan menghasilkan alunan yang harmonis. Namun jika kita tidak peka akan suara masing-masing maka yang terjadi suara petikan gitar kita akan terasa fals.

Dari hal di atas kita bisa tarik sebuah garis besar, bahwa ketika perbedaan dapat di kombinasikan dengan benar maka akan membentuk suatu hal yang harmonis. Akan membawa kita ke dalam kehidupan yang lebih baik.

Bolehlah kita saling berkompetisi untuk menunjukkan siapa yang paling unggul, namun bukan dengan cara yang saling menjatuhkan. Lebih baik kita gunakan sebuah cara kombinasi agar mendapatkan hasil yang harmonis dan enak untuk dirasakan.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Belajar Mengerti Perbedaan Dari Bermain Gitar "