Pengalaman Baru Setelah Mencoba Wordpress Self Hosting

By Unknown →
Mungkin banyak sekali orang yang berargmen bahwa "Ngapain kita membeli hosting jika bisa dapat hosting gratisan untuk membuat blog?". Namun memiliki hosting sendiri merupakan suatu kepuasan sendiri dari saya karena memang ini baru yang pertama kali.


Dalam tulisan ini saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman setelah kemarin saya telah membuat sebuah blog dengan hosting dan domain sendiri. Jadi karena saya penasaran dengan platform blog wordpress, saya memutuskan untuk membuat blog dengan wordpress walaupun harus merogoh sedikit kocek.

Apa Sih Bedanya Dengan Wordpress.com?


Ketika kita berbicara mengenai wordpress kita harus mengetahui dulu bahwa wordpress sendiri ada dua. Yang pertama adalah yang gratis (Hosting masih numpang) atau yang berbayar (Self Hosting). Jika kita ingin membuka situs resminya wordpress gratisan kita bisa langsung buka wordpress.com. Kemudian dari situ kita bisa langsung membuat blog disana.

Nah berbeda dengan saudaranya yang satu yaitu wordpress.org. Jika ingin membuat blog menggunakan wordpress.org (Self Hosting), maka kita harus membuka situs wordpress.org kemudian kita download aplikasi wordpress setelah itu kita upload ke hosting dan domain yang telah kita sewa sebelumnya.

Apa Sih Alasan Saya Penasaran?


Jika saya tidak penasaran juga saya tidak akan membuatnya, dan mungkin temen-temen semua penasaran kenapa saya penasaran untuk memakai wordpress dan saya menyebutnya dengan pengalaman baru pada postingan ini.

Baiklah, untuk postingan yang bertemakan wordpress ini merupakan yang pertama saya tulis, dan harapannya setelah ini tidak akan berhenti sampai disini. Dan harapannya temen-temen bisa mengambil mana yang baik dan mana yang buruk antara wordpress (Self Hosting) dan blogger.

Memang jujur saja ketertarikan saya untuk belajar membuat blog ber platform wordpress adalah ketika melihat blog-blog dari blogger dunia yang sukses, mereka banyak menggunakan platform wordpress untuk menunjang blog mereka.

Apa Sih Keuntungan Wordpress Sebenarnya?


Jika saya ditanya mengenai hal ini, sebenarnya saya tidak berhak untuk menjawabnya karena memang saya adalah newbe dalam dunia wordpress. Namun saya cuma aka berbagi mengenai sedikit pengalaman saya terkait lika-liku saat membuat, mengedit, sampai memposting menggunakan wordpress.

Keuntungan ketika kita menggunakan wordpress adalah kita bisa mendapatkan tampilan blog yang profesional, SEO Friendly, User Friendly, dan juga kita bisa menambah plug in-plug in yang bisa menunjang performa blog kita. Selain itu juga banyak sekali program-program affiliasi yang ditawarkan ketika kita menggunakan program wordpress. Jadi jika anda bisa membaca peluang yang lebih besar, seharusnya anda akan mulai berfikir untuk memakai wordpress juga.

Berbagi Pengalaman Saat Pertama Kali Membuat Blog Berplatform Wordpress


Memang ini merupakan sebuah pengalaman baru saya dalam membuat blog, khususnya wordpress. Kemarin saya menggunakan jasa untuk domain dan hostingnya dari pusathosting.com. Penyedia sewa hosting dan domain asal surabaya.

Soal biaya gimana ? Jika saya di tanya mengenai biaya, mungkin ada yang bilang buang-buang biaya jika memakai wordpress. Namun saya sendir tidak begitu setuju karena dengan berbagai fitur yang diberikan yang setimpal.

Untuk membeli hosting dan domain, saya menggunakan tawaran dari pusat hosting yang menawarkan paket hosting wordpress sebesar 180 ribu. Di dalam paket itu kita sudah mendapatkan hosting dengan space 100 Mb kemudian Bandwith sebesar 2 Gb dan juga Domain yang semuanya akan aktif selama satu tahun. Nggak mahal juga jika menghitungnya karena per bulan sama saja akan di kenai biaya 150 ribu.

Mungkin jika anda tertarik untuk menggunakan wordpress juga, anda bisa menggunakan paket wordpress yang diberikan pusat hosting yang bisa anda check disini : Paket Hosting Wordpress

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

5 comments to ''Pengalaman Baru Setelah Mencoba Wordpress Self Hosting"

ADD COMMENT
  1. aku masih belum paham jadi nebeng gratisan dulu :D .. cara belinya dimana n bgmn emang.


    kayak gini gratis http://www.miztia-respect.blogspot.com/ :D .

    ReplyDelete
  2. Cara belinya ya langsung ke penyedia hosting sama domain miz tia,, habis itu tinggal install wordpressnya deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dar segi finansial sendiri apa kita bisa mendapatkan keuntunngan dari wordpress ? thnx







      Delete
  3. Pernah pake hosting berbayar malah ada malware jadi ga bs apa2 lgi...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih telah mau berbagi pengalaman anda tentang hosting yang sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain

    Sukses Selalu

    ReplyDelete