Peran Dan Fungsi Mahasiswa, Masih Relevankah?

By Unknown →
peran fungsi mahasiswa

Mungkin anda sebagai mahasiswa sudah tahu apa yang dimaksud tentang peran dan fungsi mahasiswa. Karena hal ini pasti akan digelontorkan ketika anda pertama masuk dalam dunia kampus. Biasanya peran dan fungsi mahasiswa diberikan ketika anda mengikuti OSPEK.

Namun tidak jarang juga mahasiswa yang tidak pernah mengamalkan peran dan fungsi mahasiswa. Bahkan lebih parahnya lagi mereka malah tidak tahu apa peran dan fungsi yang melekat pada diri mereka sebagai mahasiswa.

Jika anda belum mengeri dan ingin tahu, oke lah saya akan berikan 4 peran dan fungsi mahasiswa.

4 PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA


1. Sebagai Iron Stock, mahasiswa harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini. (mesti sekuat besi)

2. Agent Of Change, mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.

3. Social Control, mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan.

4. Moral Force, mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.

Iya memang dalam tekstualnya ada 4 peran dan fungsi mahasiswa yang kita ketahui secara umum. Namun jika hal tersebut kita tumbukkan dengan jaman ini, pertanyaannya masih relevankah hal tersebut?

baca juga - Jalantikus.com Download Game PC dan Android Gratis Terbaru dengan server lokal

Oke, jika kita berbicara dalam konteks ideal, mungkin ke empat peran dan fungsi tersebut masihlah jika ingin di gunakan. Yang menjadi masalah sekarang ini adalah mahasiswanya. Sudah tau apa tidak mereka makna ataupun kandungan dari ke empatnya. Atau sekedar sebuah teori usang yang hanya diberikan oleh senior ke juniornya?

Di akui ataupun tidak bahwa peran dan fungsi dari mahasiswa ini akan diberikan kepada seorang mahasiswa baru ketika mereka mengikuti ospek ataupun pengkaderan. Namun tak jarang yang memberikan materi tersebut tidak pernah menjalankan ke empatnya dan memang hanya tahu secara tekstualnya.

Sebagai seorang intelektual, seharusnya kita sebagai mahasiswa harus peka terhadap masalah-masalah seperti ini. Jangan sampai masa kita sebagai mahasiswa yang notabennya Harapan Masyarakat Indonesia ini menyia-nyiakan waktu sebagai mahasiswa. Jika mahasiswanya pragmatis, jangan harap masyarakat dan pemerintahnya juga tidak pragmatis.

Bagaimana pendapat anda sobat?

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Peran Dan Fungsi Mahasiswa, Masih Relevankah? "