Ketika anda menambahkan widget ke blog anda, mungkin anda akan menemukannya di setiap halaman baik itu di halaman depan (Beranda) ataupun di halaman posting. Hal ini mungkin akan memenuhi ruang blog kita. Misalkan saja ketika kita meletakkannya di sedebar kita, sidebar kita akan terlihat penuh dan seakan-akan tidak ada ruang kosong lagi.

Maka dari itu ada kemungkinan atau pada saat-saat tertentu kita ingin menampilkan suatu widget hanya di halaman depan saja. Hal itu bisa aja kita lakukan dan bukan merupakan hal yang sulit bagi kita. Cukup beberapa langkah saja yang harus kita jalankan untuk melakukannya.


Hal ini bisa saja kita butuhkan ketika kita telah diterima google adsense. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa google adsense tidak menginjinkan kita untuk menampilkan lebih dari 3 slot iklan google adsense pada satu halaman yang sama. Jadi untuk mengatasinya anda bisa memasang iklan google adsense pada halaman depan/homepage saja.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menampilkan widget di halaman depan saja


1. Silahkan masuk/login ke blogger
2. Masuk ke dashboard >> Tata Letak


3. Jika sudah masuk tata letak seperti yang ada pada gambar di atas, kemudian kita pilih widget mana yang akan kita tampilkan hanya di halaman depan saja. Setelah kita pilih silahkan klik kanan pada "edit" kemudian pilih salin alamat tautan! 


4. Jika sudah silahkan buka notepad atau microsoft word mungkin, kemudian paste alamat tautan yang sudah copy (salin) pada langkah di atas. Kamudian temukan kode setelah widgetId= . Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini !


6. Setelah mendapatkan kode tersebut, kemudian kita buka Template >> Edit HTML. Jangan lupa untuk mencentang expand widget template.

7. Kemudian kita temukan kode widget yang akan kita tampilkan hanya di halaman depan saja. Caranya dengan menggunakan CTRL + F di keyboard kita.

Klik Untuk Memperbesar

  • Setelah anda menemukan widgetId dari widget yang akan kita tampilkan di halaman depan saja, kemudian kita lihat ke bawahnya sampai menemukan kode berikut ini (Seperti yang saya tunjuk dengan nomor satu di gambar di atas) :
<b:includable id='main'>
  • Tepat di bawah kode di atas/sebelum, silahkan sisipkan kode berikut ini :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
  • Cari sedikit kebawah lagi dan temukan kode di bawah ini (Lihat yang saya beri nomor 2) :
</b:includable>
  • Di atas </b:includable>, paste kode di bawah ini :
</b:if>

Setelah itu simpan template anda dan silahkan lihat hasilnya. Semoga bisa membantu anda.
Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

12 comments to ''Cara Mudah Menampilkan Widget Hanya Di Halaman Depan / Home Page"

ADD COMMENT
  1. blogny ramee kayak situs porrtal nih :D
    oya makasih sharenya.. aKu pake ini :D


    kakk mau tanya, cara masukin tombol back to top tapi bukan dengan gambar melainkan dengan tulisan saja supaya bisa diletakan di menu bawah gimana ya. kayak punya templatemu kemaren itu. aku minta kodenya ya, mau pasangin itu :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bikin back to top hanya dengan tulisan kasih saja hyperlink "#" untuk tulisannya.

      Template yang mana nih miz tia?

      Delete
    2. jadi tulisannya gimana?? kodenya gimana??

      buat di template yang blog galeri kan di bawah ada menunya.

      Delete
    3. iya kodenya gimana buat di dalam menu??
      maaph newbie jadi bingung :D .

      Delete
  2. Coba lihat di tab komentar facebook di postingan ini juga,, soalnya kalau di taroh di sini jadi link hidup itu.. tinggal taruh aja di di tempat yang dipengenin...

    Mau pasang di Blog yg rezpector itu yah?

    ReplyDelete
  3. wow gan infonya bermanfaat banget.
    folback juga yaa sekitarkita96.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. saya uda nyoba memang sih hilang tapi border widgetnya masih ke lihatan, kalau widgetnya ga ada bordernya sih mungkin emg ga keliat tapi blog saya ada bordernya walaupun uda hilang widgetnya tapi border garisnya masih ke lihatan mas.
    tolong solusianya

    ReplyDelete
  5. makasih ya cofeemix, share yg ini berguna skali. pas ama yg sy cari. kunjungan baliknya dinanti yaa.. :D

    ReplyDelete