Dunia teknologi informasi saat ini telah berkembang sangat pesat sekali. Saat ini kita bisa merasakan bahwa dunia ini hanyalah sebesar genggaman tangan. Jadi kita bisa menggenggam dunia dengan hanya membawa sebuah gadget.



Sebenarnya akan muncun beberapa hal yang harus kita waspadai untuk hal ini. Yang pertama adalah ancaman yang mungkin bisa datang, kemudian tantangan sebagai warga negara Indonesia, dan peluang yang bisa kita ambil dari itu semua.

Dan mungkin hal ini akan membuka mata kita bahwa memang dunia ini sudah berubah total dengan adanya kemudahan mengakses internet. Mau tidak mau kita juga harus menyadari hal tersebut dan menanggapinya dengan bijak juga sehingga kita tidak terbawa isu kesana kemari.

Hal-Hal Yang Terjadi Saat Teknologi Informasi Berkembang Pesat

Banyak hal yang bisa saja terjadi dan sebenarnya tidak terduga yang kita hadapi ketika teknologi informasi berkembang dengan pesat. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Cepatnya Akses Informasi Tersebar Ke Masyarakat


Informasi saat ini sangat cepat sekali tersebar ke seluruh masyarakat. Misalkan saja ketika ada pemilu, kita bisa dengan cepat untuk memprediksi siapa yang menang dengan melihat quick count yang ada. Ini berarti kita tidak perlu lagi menunggu untuk mengetahui siapa yang menang pemilu. Dengan melihat quick count saja kita sudah tahu siapa yang menang.

Selain itu kita juga bisa melihat secara langsung peristiwa lain yang terjadi sekalipun itu di belahan bumi manapun. Dengan adanya video streaming kita bisa melihat apa yang terjadi di palestina misalnya. Bahkan ketika terjadi perang, kita bisa melihatnya secara langsung.

2. Mudahnya Untuk Membentuk Opini Publik Bagi Penguasa Media


Disadari atau tidak peran media sangatlah besar dalam pembentukan opini masyarakat. Dengan adanya informasi yang diberikan, media bisa dengan mudah mengajak masyarakat ke sebuah opini tersendiri. Namun sebagai pencari informasi, kita juga harus bisa memfilter informasi-informasi yang masuk ke diri kita.

Dan hal yang menarik disini adalah ketika media dimonopoli salah satu golongan maka golongan tersebut akan selalu diuntungkan karena memang informasi yang diberikan akan selalu menguntungkan golongan tersebut. Dan ketika ada fakta yang jelek mengenai golongan tersebut tidak akan di ekspos ke media tersebut.

Fakta yang terjadi adalah ketika golongan yang cacat media artinya tidak memiliki media sendiri, maka mereka akan terombang-ambing isu oleh media. Maka dari itu hal ini perlu di cermati dan ditindaklanjuti denga sikap yang bijak pula.

3. Adanya Transparansi Dari Semua Kalangan


Lagi-lagi adalah soal kejujuran. Informasi yang bisa dengan mudah di dapat dan orang juga akan mudah untuk berbagi informasi yang diketahui membawa sebuah paradigma tersendiri. Jika orang melakukan penipuan pasti akan dengan cepat menyebar karena sekarang setiap orang bisa berbagi melalui social media.

Untuk itu muncullah sebuah harapan dimana mulai dari pemerintahpun bisa transparan dalam mengelola pemerintahan negara. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat kita berlahan-lahan akan menjadi masyarakat yang cerdas. Dan itu pasti akan terjadi suatu saat nanti.

4. Terjadi Perubahan Dalam Dunia Pemasaran


Dunia pemasaran akan berubah ketika internet sudah sangat mudah di akses. Pebisnis yang tadinya bergerak dalam bidang offline dalam pemasaran sekarang sudah beranjak memasuki dunia online. Untuk itu kita sebagai konsumen ataupun produsen harus melihat hal ini sebagai sebuah hal positif.

Namun masih banyak pelaku bisnis yang belum berani masuk ke dalam bisnis online. Hal ini disebabkan pengetahuan secara teknis untuk menjamah ke dalam hal tersebut masih kecil dan memang pemerintah harus memberikan pencerdasan kepada pelaku bisnis terkait hal ini

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

6 comments to ''4 Hal Yang Terjadi Ketika Teknologi Informasi Berkembang Pesat"

ADD COMMENT
  1. Postingan mu sangat informative dan menarik gan.. Sangat bermanfaat buat banyak orang. Thanks for sharing and keep blogging!

    ReplyDelete
  2. wow very nice dear. i love it soo much

    http://www.oozyleaks.com/

    ReplyDelete
  3. Saya sangat setuju dengan poin nomor 2. Semua opini dapat dibentuk pada masyarakat dengan pengaruh media yang dapat mendistribusikan informasi secara cepat dan luas ke semua orang. Ada tambahan, perkembangan teknologi informasi juga membuka peluang usaha bagi para pebisnis online.

    ReplyDelete
  4. Betul banget bang sekarang malah internet sudah masuk ke desa tempat saya bang..hahhayyy

    ReplyDelete
  5. KEREN, TERIMAKASIH MAS SUDAH BERBAGI !!

    ReplyDelete
  6. Thank you for making this interesting article. I'm happy to visit here

    ReplyDelete