5 Tips Menjaga Motivasi Ngeblog

By Unknown →
tips menjaga motivasi awal ngeblog
Ngeblog adalah kegiatan yang menyenangkan. Tak jarang ngeblog juga membuat kita merasa bosan dan patah semangat. Jadi memang tak jarang banyak blogger pemula yang meninggalkan kegiatan blogging karena mereka kehilangan motivasi awal mereka.

Namun ketika kita berbicara waktu yang ideal untuk sebuah blog yang sukses, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Blog butuh waktu untuk di indeks oleh google, kemudian setelah di indeks butuh waktu juga untuk mendapatkan pengunjung yang cukup ke blog kita.

Jika memang tidak bisa untuk konsisten untuk menulis artikel di blog kita, kita akan kehilangan semuanya. So, memang butuh hal yang bisa digunakan untuk menjaga motivasi untuk tetap berbagi dengan orang lain dalam konteks tulisan yang bermanfaat.

Jika anda bertanya dengan saya bagaimana saya menjaga motivasi ngeblog saya yang terkadang naik turun juga, saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin bisa anda gunakan.

Tips Yang Bisa Anda Gunakan Untuk menjaga Motivasi


Ini adalah hal yang memang saya pikirkan jika memang saya lagi bosan dan boring untuk nulis. Karena mamang di akui ataupun tidak nulis itu tidak semudah kita bernafas. Lha bernafas aja kita kadang susang kalau lagi ngga ada oksigen
.

1. Berfikirlah Bahwa Berbagi Adalah Hal Yang Baik


Ini erat kaitannya dengan mindset yang kita bentuk ketika kita membuat sebuah blog. Blog merupakan media berbagi yang paling baik. Karena secara tidak sadar kita telah mengedukasi orang lain melalui tulisan-tulisan yang kita buat.

Pernah mendengar menjadi guru akan mendapatkan pahala yang besar? Nah konsep tersebut juga sebenarnya ada dalam diri blogger. Jika kita menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain, kita juga bisa menjadi guru di internet. Malah kita tidak pernah untuk mengharap imbalan sepeserpun kepada yang membaca artikel kita.

Pernahkah anda berfikir untuk menyuruh orang yang membaca artikel anda harus membayar dulu? Saya rasa itu tak akan anda fikirkan jika anda adalah blogger.

2. Fikirkan Bahwa Pembaca Anda Menunggu Tulisan-Tulisan Anda


Posisikanlah diri anda sebagai seorang penulis profesional yang mempunyai banyak pelanggan yang menunggu-nunggu hasil karya kita. Perhatikan ketika seorang penulis novel terkenal akan launcing buku mereka yang terbaru, berapa banyak orang yang menunggunya?

Jika anda mampu memposisikan diri anda sebagai seorang penulis yang mempunyai banyak penggemar, saya yakin anda bisa menulis dengan semangat karena di luar sana banyak orang yang menunggu tulisan-tulisan hebat anda.

3. Ingatlah Bahwa Lebih Banyak Tulisan Akan Membawa Pengunjung Banyak Pengunjung


Sebuah kenyataan bahwa semakin banyak tulisan akan membawa banyak pengunjung yang banyak. Ini memang realita yang mungkin juga sudah anda ketahui. Dengan konten-konten orisinil inilah pengunjung akan suka ketika membaca blog kita.

Pahami konsep berikut ini : Semakin banyak judul artikel, semakin banyak pula halaman yang akan di indeks oleh google. Jadi anda akan mempunyai lebih banyak kesempatan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Dengan banyak konten yang orisinil inilah kita akan mendapatkan rangking yang baik di mesin pencari.

4. Bayangkanlah Ketika Anda Menjadi Blogger Yang Sukses


Terkadang orang akan lebih termotivasi ketika anda membayangkan impian anda. Dan saya yakin anda juga sudah mempunyai impian ketika awal-awal dulu anda membuat blog. Ingatlah impian anda yang pernah menginspirasi anda dulu dan pertahankan impian tersebut.

Namun terlalu banyak berhayal juga tidak baik, karena yang anda butuhkan adalah sebuah action yang akan menghasilkan sebuah karya terbaik anda. Masukkan ke dalam sebuah mindset anda bahwa menulis itu gampang dan menulis itu tidak ribet.

5. Bacalah Tulisan-Tulisan Para Blogger Yang Sudah Sukses Duluan


Mungkin banyak juga blogger yang membagikan pengalamannya menjadi seorang blogger dan bagaimana mereka menjaga motivasi mereka.

Membaca blog lain yang lebih sukses terlebih dahulu ini juga akan memberikan banyak manfaat. Kita bisa belajar dari sana bagaimana cara mereka menulis dan bagaimana cara mereka untuk menginspirasi orang lain. Dengan belajar dari mereka kemudian mempraktekkan di blog kita mungkin bisa mempercepat kesuksesan sebuah blog.

Itu merupakan sedikit tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga motivasi anda ngeblog. Jika anda punya tips lainnya untuk menjaga motivasi anda dalam mmenulis di blog, anda bisa berbagi dengan menuliskan komentar di bawah ini.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''5 Tips Menjaga Motivasi Ngeblog"

ADD COMMENT
  1. Tipsnya sangat bermanfaat buat blogger pemula seperti saya..kunjungi juga blog saya di pinjerbot.blogpot.com

    ReplyDelete
  2. Wowww Dude you have such a nice and very informative blog ... nice sharing thanks a lot
    learn more about blogging tips, online earning and much more
    Pak Technnoz

    ReplyDelete
  3. jadi tambah semangat ni, salam kenal ya om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Fauzy,.... sama-sama... Saya masih kuliah kok mas, ga perlu dipanggil om.. hahaha

      Delete