Tags:

Cara Membuat Artikel Blog SEO Friendly

By Unknown →
Cara Menulis Artilel Yang SEO Friendly merupakan sebuah langkah teknis yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog kita. Mungkin selama ini kita tidak pernah memperhatikan cara menulis artikel yang SEO friendly.

Jika kita menggunakan wordpress, kita bisa dengan mudah untuk melihat seberapa sukses kita menuliskan artikel yang SEO friendly. Karena ada banyak sekali plugin yang bisa membantu kita untuk mengukur bagaimana baiknya kita menulis sebuah artikel.

Search Engine Optimization merupakan sebuah langkah-langkah teknis yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog kita. Dan berikut ini adalah cara membuat artikel yang seo friendly.

Cara Membuat Artikel Blog SEO Friendly


Ketika kita membuat blog, tentunya kita sudah melihat seberapa peluang untuk berhasilnya blog kita. Indikator ini biasanya bisa kita lihat saat pencarian kata kunci. Nah, jika sebelumnya anda tidak menentukan kata kunci utama blog anda, silahkan baca artikel di bawah ini :

* Langkah-langkah sebelum menentukan keyword
* Cara menggunakan Google Adword Keyword Tool Untuk Mencari Kata Kunci

Jika langkah di atas merupakan cara untuk menentukan kata kunci utama pada blog kita, maka langkah selanjutnya seperti apa? kemudian cara menulis artikel yang seo friendly seperti apa?

1. Menentukan Kata Kunci


Seperti halnya menentukan kata kunci ketika kita membuat blog, sebelum menulis sebuah artikel kita juga harus menentukan kata kunci. Tujuannya adalah agar kita bisa melihat keberhasilan kita dalam menulis artikel yang seo friendly.

Ketika menentukan kata kunci yang akan kita bidik, kita bisa melihat berapa orang yang mencari kata kunci tersebut di google. Jadi lebih mudah sekali untuk mengukur keberhasilan dan memperkirakan jumlan visitor yang akan kita dapat.

2. Mengoptimalkan Judul Artikel


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa yang sering muncul dalam pencarian google adalah judul artikel kita. Nah untuk itu kita perlu untuk mengoptimalkannya. Bagaimana cara mengoptimalkan judul blog?

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan kata kunci yang telah kita tentukan pada awal judul artikel. Kemudian kita juga harus membatasi jumlah karakter pada judul postingan kita.

Recomended :

3. Optimasi Permalink


Sekarang kita bisa merubah permalink blog kita walaupun kita menggunakan blogspot. Nah untuk mengganti permalink ini anda cukup untuk melihat ke sisi kanan editor blog post anda kemudian ganti sesuai dengan keinginan anda.

Tips : Jangan lupa sertakan keyword di dalam permalink.

Contoh : Cara-membuat-artikel-yang-seo-friendly 

4. Menambah Deskripsi Meta / Deskripsi Penelusuran


Kembali membicarakan fitur dari blogspot, kita dapat untuk menambahkan deskripsi meta pada postingan yang kita buat. Nah, untuk mengoptimalkannya, kita harus memasukkan kata kunci yang sudah kita tentukan sebelumnya.


5. Tulislah Artikel Lebih Dari 300 Kata


Memang tak ada aturannya anda harus menulis artkel yang lebih dari 300 kata. Namun untuk menulis artikel yang seo friendly, anda harus melakukannya. Jadi dengan lebih banyak kata, maka anda tentunya lebih mudah untuk memasukkan kata kunci ke dalam artikel-artikel anda.

6. Keyword Density


Anda harus memperhatikan dengan baik keyword density. Jika kita artikan dalam bahasa Indonesia, Keyword Density ini artinya adalah penyebaran kata kunci. Usahakan dalam postingan anda menggunakan penyebaran kata kunci yang benar-benar baik.

Mengapa seperti itu? Jika anda tidak menulis dengan kata kunci yang berlebihan anda akan mendapatkan penalty dari google. Jadi saran saya anda harus bijaksana untuk menentukan keyword density ini.

7. Tambahkan ALT Tag Pada Gambar 


Gambar yang anda berikan pada postingan anda juga akan menambah kemungkinan bahwa artikel anda akan berada di dalam halam utama hasil pencarian.

Untuk menambahkan alt tag pada gambar, anda cukup klik kanan pada gambar yang anda upload kemudian pilih properties dan isikan alt tag disana.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

12 comments to ''Cara Membuat Artikel Blog SEO Friendly"

ADD COMMENT
  1. Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  2. terima kasih informasi nya sob...
    sangat bermanfaat
    mampir di blog sederhana saya sob..,,http://dhanicyx.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Sebetulnya asal kreatif bikin postingan, pasti udah langsung SEO tuh. :D

    Cukup dipoles dengan keyword yang efektif dan sedikit bumbu link building, hasilnya bakal maknyus. :D

    ReplyDelete
  4. Mas bro, kini ku jadi paham tentang bagaimana membuat blog yang keren, berisi dan banyak dikunjungi oleh visitor. Terus terang, selama ini aku hanya menulis dan menulis tanpa melihat/memahami semua itu.
    Merci beau coup ya mas bro,...blog ini menjadikan aku paham..:-)

    ReplyDelete
  5. thanks bang.... kunjungan balik http://sofyansaugani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. makasih atas artikerlnya, karna artikel ini blog saya terindex juga akhirnya. memang konten yang bermanfaat.
    ditunggu ya om admin postingan barunya yg bermanfaat lainnya, jangan lupa kunjungin blogku balik donk, nie linknya http://leonhart-project.blogspot.com/ makasih ya admin.

    ReplyDelete
  7. thanks atas info dan share ilmunya gan success selalu

    ReplyDelete
  8. ok thnks ilmunya sob..jadi semngat bwt belajar SEO..

    ReplyDelete